Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast
Results 1 to 10 of 24

Thread: Cara membuat ongol2

  1. wongcerbon's Avatar
    wongcerbon is offline Wayahanu wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute
    Real Name
    Agung - ID 2137
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Tomang
    Posts
    3,759

    Cara membuat ongol2

    hallo rekan2 semua
    beberapa pemancing galatam ikan mas biasa menggunakan ongol2
    yang saya tahu saat melihat pemancing di puri metropolitan, mereka
    menggunakan semacam tepung yang dicampur air terus direbus
    sampai kental dan diwarnai merah, hijau
    nah ada dari sana terus ada beberapa pertanyaan:
    1. sebenarnya itu bahannya apa
    2. teknik memasaknya seperti apa detailnya
    3. campuran apa yang mesti ditambahkan (essen, pewarna)
    4. setelah jadi perlu ditambahkan apa (pelet, dll)
    mohon bantuan dari rekan2 semua
    karena di galatama bawal tempat saya ada yang memakai ongol2
    dan hasilnya sangat menggembirakan dalam 1 jam bisa narik 10-11 ekor
    dan totalan bisa mencapai 5 kilo an
    mohon dibantu
    terima kasih

    Wong Cerbon

  2. budhi Guest

    yang dipake itu tepung sagu/tapioka/aci. cara buatnya:
    1. masukan tepung 3 sdk makan ke dalam plastik tahan panas
    2. tambahkan esen yang anda inginkan , berwarna kalo pake essen psta, yang oil warnanya ga terlalu
    3. tambahkan air 2/3 gelas aqua
    4. masukkan kedalam air yang sedang direbus dan dlm keadaan mendidih
    5. goyng2 agar matangnya rata, stelah bagian bawah mengeras angkat dan ratakan ongol2 bagian dalam dengan cara di tekan2.
    6. masukkan lagi dan rebus sampai matang +/- 10 mnt dinginkan dan siap utk dicoba.
    7. Waktu diempang ongol2 biasa di balur dengan pelet bom kering/pelet telem yg dihaluskan

    Walahhhhh susah amat suruh kedinya aja yang bikin pasti brssss...hehehe

  3. wongcerbon's Avatar
    wongcerbon is offline Wayahanu wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute
    Real Name
    Agung - ID 2137
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Tomang
    Posts
    3,759

    terima kasih buat infonya.
    saya harus buat sendiri karena ya namanya juga bukan
    galatama yang pake asisten, dalam artian galatama kelas tinggi
    akan saya coba hari ini kalau ada hasil yang kurang nanti akan kami
    minta bantuan lagi

    Wong Cerbon

  4. wongcerbon's Avatar
    wongcerbon is offline Wayahanu wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute
    Real Name
    Agung - ID 2137
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Tomang
    Posts
    3,759

    kemarin sudah dicoba semua teorinya tetapi sepertinya kurang
    keras, bahkan terlalu lunak
    apakah seperti itu ya ongol2 itu
    dan waktu dibalur dengan pelet bom juga sepertinya malahan
    jadi bercampur karena terlalu lembek
    yang ingin ditanyakan adalah
    apakah saat dibalur itu hanya bagian luarnya saja dalam artian
    ga perlu nyampur seperti bikin pelet yang dicampur dengan bahan2 lain.
    kedua patokan kerasnya itu seperti apa yang disukai ikan
    karena kalau denger2 ikan mas justru lebih suka yang lembek2.
    mohon penjelasan dari rekan2 yang mengerti banyak
    terima kasih

    salam
    Wong Cerbon

  5. budhi Guest

    3 sendoknya harus 'muncung' yang dibalur luarnya aja.supaya waktu masangin umpan ga lengket bgt ke tangan. Kalo msih klembekan kurangin aernya.

  6. wongcerbon's Avatar
    wongcerbon is offline Wayahanu wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute
    Real Name
    Agung - ID 2137
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Tomang
    Posts
    3,759

    ada lagi yang mau ditanyain untuk peletnya pake pelet bom ok kah
    atau ada rekomendasi merk apa
    terus untuk esen nya perlu berapa tetes
    apa perlu juga diberi vanili karena milik rekan yang mancing di tempat
    saya baunya wangi sekali dan apakah perlu juga diberi pewarna
    misal hijau, merah
    mohon penjelasan mas
    maaf banyak nanya2 karena saya memang ga ngerti
    terima kasih

    salam
    Wong Cerbon

  7. ade's Avatar
    ade
    ade is offline RegularFishy ade is on a distinguished road
    Real Name
    ade
    Join Date
    Sep 2005
    Location
    belakang UI depok
    Posts
    50

    bosss.......

    kalo mau bikin umpan yg spt itu tentuin dulu mau rasa apa?
    misalnya:
    1. rasa durian
    2. rasa strawbery
    3. rasa vanili
    Bisa pasta atau essence
    4 dan untuk amisnya bisa menggunakan choya, tenggiri, seafood etc
    mereknya, mis DIVA, gudang, etc
    dan semua itu kita yg mix misal mau durennya yg aroma paling kuat ya durennya agak banyak, dan amisnya jg harus proporsi....

    kalo warna biasanya udah bawaan dari oplosan itu sendiri, bisa merah hijau kuning, etc tergantung bahan kita apa.

    cara masaknya jgn terlalu keras dan terlalu lembek sedang2 saja kalo keras (untuk ikan mas kan cara makannya sedot, kalo kekerasan dimuntahin lagi, kalo terlalu lembek, cepat hancur karena terbawa arus dari blower atas dan bawah. kalo gue biasanya untuk galatama ada 7 sampai 10 rasa yg di mix.....

  8. budhi Guest

    kalo vanili boleh pake boleh ga gmn mas mau pakenya essen apa. takarannya feeling aja. kalo pelet bom seh sy rasa bebas. Kalo warna biasanya essen pasta tuch dah ada zat pewarnanya kalo yg oil biasanya warnanya ga terlalu. tanpa pewarna jg ga papa kan ikan mas makan menurut penciumannya.

  9. wongcerbon's Avatar
    wongcerbon is offline Wayahanu wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute wongcerbon has a reputation beyond repute
    Real Name
    Agung - ID 2137
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Tomang
    Posts
    3,759

    makasih buat info2nya
    kemarin sdh coba bikin lagi, ntar sore mau dicoba
    ini bukan ikan mas tapi bawal galatama
    nanya lagi ya kalau di inap kan dengan yg fresh baru bikin
    mana yang lebih baik untuk ongol2 ini

    salam
    Wong Cerbon

  10. fishy's Avatar
    fishy is offline FairweatherFisherman fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future
    Real Name
    adrianus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Bogor
    Posts
    8,412

    Pak:

    Biasanya umpan itu dicambpur dengan macam-macam essence, tiap pemancing punya ramuan sendiri. Coba sekali sekali mampir ke tokonya Akun / Garuda, ngobrol-ngobrol sama dia soal umpan ini.
    adrianus

    Friends, Fun, Fish.



Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast

Similar Threads

  1. Cara Upload Foto/Gambar
    By AngleRboY in forum FishyReport
    Replies: 184
    Last Post: 09-07-2014, 21:36
  2. Cara sempurna Memancing
    By fungke in forum Off Topic
    Replies: 0
    Last Post: 05-05-2007, 02:21
  3. gimana cara ngikat senar di ujung joran....
    By arip in forum FishyTrick
    Replies: 24
    Last Post: 25-04-2007, 13:44
  4. Postingkan Umpan Galatama Anda ...!!!
    By metzad in forum FishyPond
    Replies: 37
    Last Post: 16-03-2007, 08:36
  5. cara menggunakan FF
    By stevewirianto in forum FishyTrick
    Replies: 7
    Last Post: 12-08-2006, 22:32

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts