Page 1 of 1

Memegang bagian tengah joran

Posted: 29 Sep 2020 07:48
by Wong Cerbon
Saya cukup sering melihat video terkait lomba ikan mas di empang beberapa saat ini
Yang menarik perhatian saya adalah, ketika seorang pemancing mendapatkan ikan babon atau ukuran besar
Maka pemancing ketika fight dan ikan sudah mulai mendekat, sering banget melihat pemancing memegang hampir ke arah bagian tengah joran
Ini penampakannya (diambil dari youtube kong Lala)
tengah joran.jpg
tengah joran.jpg (34.46 KiB) Viewed 749 times
Pertanyaan saya, apakah hal ini tidak riskan ya?
Karena saat terjadi lengkungan parabolik di joran dan kita memegang bagian tengah atau titik berat atau titik kritsis
Bukan kah hal itu malah memakin membebani ?

Mungkin itu sih hanya pandangan saya ya
Karena memancing ikan dengan ukuran yang lebih besar seperti patin dengan berat 8-9kilo saja
Saya jarang melihat orang melakukan hal tersebut
Monggo diskusinya

Re: Memegang bagian tengah joran

Posted: 07 Oct 2020 09:30
by Gus Bei
Kalo kong lala kan jorannya segudang mas, ya gk masalah. Tp sepertinya reflek tuh,panik ikannya pengen segera naik, takut mocel (gara2 mocel 60jt melayang).

Re: Memegang bagian tengah joran

Posted: 12 Oct 2020 15:56
by Sigit_Susilo
Tergantung megang nya mbah...
Kalo cuma pegang sebagai penyeimbang atau arahan halus lembut sejauh ini aman2 Aja.
Kecuali memegang nya sebagai pokok. Bisa patah tuh.

Re: Memegang bagian tengah joran

Posted: 18 Nov 2020 12:44
by Adam145
Asal drag rill ga mati. Kayanya aman2 aja om
Emang udah kebiasaan kali ya. Saja jg begitu kalo pas mao di serok ikanya :D